Wednesday 23 January 2013

RAJA NEGERIKU, Pembakar Jiwa Nasionalisme Ala NOAH



Yang terdiam dari Suara..Sabar jiwaku, sabar seluruh bangsaku, Aaah.. perih tangismu, perih jiwamu..tersisihkan oleh kawanan hitam..Semua telah lelah menanti..(Lalu pidato Asli Bung Soekarno)

Begitulah sepenggal lyric lagu RAJA NEGERIKU, karya anak bangsa Indonesia yaitu Ariel dan Uki, personel band fenomenal Indonesia NOAH, dimana lagu ini ada lagu pembuka di Album baru mereka, yang dirilis pada akhir tahun 2012 lalu, dan sukses dikancah musik Indonesia.

Mendengar lagu ini dengan seksama, membuat Saya merinding, mengingat dibeberapa bagian lagu ini, juga disisipkan pidato(asli) almarhum bung Karno, sang proklamator tercinta, yang terkenal memiliki jiwa nasionalisme tinggi, dengan suara lantang disetiap pidatonya, bung Karno memang terkenal disegani pada jaman nya.


Entah apa yang ada dibenak Ariel dan Uki, pada saat menulis lagu ini, yang pasti Indonesia saat ini memang butuh banyak lagu-lagu karya cipta sejenis ini, walaupun sebelumnya telah ada beberapa musisi yang menciptakan karya sejenis, dan berhasil menjadi 'hits' seperti band coklat, slank dan lain-lain nya, tapi mendengar lagu ini, sungguh-sungguh berbeda rasanya.

Ada beberapa kalimat dalam lyric lagu tersebut, seperti yang tertulis diatas, dan pada kalimat...

Bersuara untuk mereka, raja negeriku..kau telah lama terdiam, perubahan jerit hatiku, cermin jiwamu, berikan terang, untuk masa depan wooo..(dilanjut pidato bung Karno)

Entah sependapat atau tidak, pada lyric tersebut mengandung makna yang sangat dalam, seolah NOAH Cs menyisipkan 'makna' yang tercermin pada kondisi bangsa saat ini, yang sedang carut-marut dengan keserakahan, korupsi dan segenap kegelapan nya, dimana setiap rakyat negeri ini telah lama mendambakan seorang Pemimpin sekelas Bung Karno.


Yang pasti, salute deh untuk NOAH Band, Saya yakin nantinya lagu ini akan selalu diperdengarkan khalayak, disaat moment-moment kenegaraan, karna menurut Saya, lagu ini sangat cocok sekali, dijadikan 'bara api' pembakar jiwa semangat nasionalisme anak negeri, yang mendambakan bangsa ini maju dan menjadi bangsa yang besar, sekali lagi.. Indonesia butuh lebih banyak karya-karya seperti ini....Terima kasih Ariel, Uki dan sukses untuk NOAH !!




No comments:

Post a Comment