Thursday 31 December 2015

Indahnya Transportasi Jakarta 'Tempoe Doeloe' coba Anda bandingkan dengan saat ini...

Memasuki era millennium, memang banyak sekali perubahan transportasi di kota Jakarta. Sebagai ibukota negara, Jakarta seolah menjadi kiblat dan magnet bagi para pemburu kemapanan. Tapi bro-sis, tak hanya wajahnya yang berubah, sarana transportasi pun melonjak drastis.

Mulai dari hadirnya transjakarta, hingga proyek monorail atau MRT yang tak kunjung usai, hingga kini. Jakarta saat ini sangat berbanding terbalik, dengan Jakarta tempoe doeloe. Ketika tak ada diskriminasi kendaraan, atau pelarangan motor dilajur tertentu, memang harus diakui peradaban dijaman dahulu dengan saat ini sangat jauh berbeda.


Macet dan banjir, nampaknya sudah menjadi keniscayaan tinggal di kota ini. Boleh jadi orang berpenghasilan tinggi tak merasakan susahnya kebanjiran di bantaran sungai, namun emosi mereka pun memuncak ketika macet menjadi sebuah hal rutin.



Ketika para orangtua kita bahkan kakek nenek kita bercerita tentang indahnya hidup di Jakarta di masa lampau, ada rasa iri dan keinginan kembali ke Jaman tersebut. Nah, buat bro-sis yang penasaran dengan seperti apa nikmatnya transportasi ibukota tempoe doeloe, berikut adalah video yang bercerita bagaimana rupa kota Jakarta di tahun 1941.


Namun belum diketahui siapa yang merekam video yang dishare oleh akun facebook Slamet Sukardi ini. Masih eksis di dalamnya mobil-mobil Chrysler lama, termasuk kereta trem yang legendaris.



Bagi Orang tua kita, kakek nenek kita yang melihat foto-foto transportasi ini, mungkin akan menjadi sebuah sarana nostalgia bagi mereka. Bagaimana saat itu Jakarta masih jauh dari macet yang sumpek dan lebih nyaman ditinggali.


unik yaa..dan lengang banget, jalan jakarta tempo dulu, sangat jauh banget dibanding sekarang 180 derajat, entah faktor manusianya atau memang faktor zaman yang telah jauh berubah.

No comments:

Post a Comment