Monday 26 August 2013

Inilah Jajanan Kuliner Khas Pedagang Keliling Yang Hampir Punah

Jika Anda terlahir di era tahun 70-an, mungkin Anda masih ingat beberapa jenis jajanan pedagang keliling, yang dulu kerap menemani keceriaan masa-masa kecil Anda, silahkan Anda lihat dijaman Sekarang, para pedagang Keliling sudah jarang di jumpai, sekarang hampir semua jajanan kuliner, sudah pindah ke Mall, Restoran atau kafe. Padahal jaman dulu Jajanan pedagang keliling adalah andalan anak-anak untuk meluapkan hasrat jajan nya, berikut beberapa Jajanan Kuliner Khas pedagang keliling Indonesia, yang akhir-akhir2 ini mulai hilang, tp mungkin di beberapa tempat masih bisa dijumpai

1. Es Gabus

 

Es Gabus yang beraneka warna dan komponen buahnya, pernah menghiasi jaman tahun 90-an, sekarang es jenis ini sudah sangat jarang ditemui, dulu biasanya mereka mangkal diSekolah-sekolah, atau tempat bermain anak-anak.

 

2. Es Dung Dung


Tak Lupa juga Es Dung Dung yang pernah menghiasi halaman sekolah anak-anak SD danSMP. di tahun 90-an, bahkan sampai sekarang masih ada, hanya sekarang pedagang Es ini bisa dihitung dengan jari kehadiran nya, disekeliling kita.

 

3. Es Goyang

 

Dengan cara membuatnya yang tergolong unik, jajanan ini dulu sempat menjadi idola bagi sebagian anak kecil, cara membuatnya dengan cara menggoyang-goyang gerobaknya, hingga Es membeku dan terbentuk,  



4. Es Lilin

 

Es ini disebut Es Lilin, dikarnakan bentuknya seperti lilin, walau bentuknya terlihat sangat sederhana, nmun rasanya tergolong lezat, khususnya jika dinikmati pada siang hari, saat panas matahari terasa begitu terik. 

 

5. Es Potong

 

Dinamakan Es potong, karna bentuk Es ini memanjang, dan harus dipotong-potong dulu hingga beberpa bagian, sebelum bisa dinikmati. 


6. Es Serut

 

Es ini pada jaman nya tidak kalah kalah fenomenal, Es yang cara membuatnya diserut dengan Alat semacam pisau yang menempel pada sebilah kayu, dari digesek-gesekan hingga menghasilkan serpihan es, yang kemudian diberi syrup... Hmmmm Segaarrr.

7. Es Goreng

 

ES ini memang masih ada keberadaan nya cuma sudah sedikit sekali....

 

8. Es Mambo

 

Es ini seperti es Lilin cuma cenderung bahannya terbuat dari sirup.



No comments:

Post a Comment