Tuesday 7 May 2013

Inilah Pulau Seksi diIndonesia Untuk Kegiatan Menyelam

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, selain sebagai suatu keunikan tersendiri, kepulauan diIndonesia juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari terbaik di dunia, rumah bagi ribuan spesies terumbu karang dan berbagai jenis ikan diDunia. Semoga dengan postingan ini, kita semua bisa sama-sama mengenal lebih jauh, tentang keindahan dasar laut di Indonesia, nah berikut ini adalah beberapa pulau seksi untuk kegiatan menyelam di Indonesia.


Kepulauan Lombok

Beberapa orang mengatakan telah melihat semuanya, padahal mereka tidak. Lombok menawarkan pengalaman menyelam yang spektakuler dengan terumbu karang yg masih belum tersentuh dan 100% utuh. Rumah bagi berbagai jenis ikan. Menyelam ke perairan dalam dan terpesona oleh berbagai kura-kura, Hiu karang sirip putih, Hiu palu, Sotong, Belut Moray, kakap, pari Manta, pari Elang dan banyak lagi. Membuat Anda takjub dari awal sampai akhir.

Kepulauan Sangihe & Talaud

Kepulauan Sangihe adalah rantai kepulauan vulkanik di timur laut semenanjung Sulawesi Utara. pulau ini terdiri dari sekitar 40 pulau vulkanik, beberapa di antaranya memiliki tinggi lebih dari 1.500 meter, perairan kepulauan ini adalah salah satu yang terdalam di dunia dan arus air dalam membawa plankton dan nutrisi yang memperkaya keanekaragaman biota laut di sini. Berbagai hamparan terumbu karang dan tebing laut yang siap menyambut Anda dengan segala keindahannya yang megah, di mana Anda dapat melihat berbagai hiu, tuna ekor putih, dan barracuda berada di rumahnya.

Kepulauan Sumbawa & Flores

Menyelam di Flores memberi Anda kesempatan yang sempurna untuk menambahkan pengetahuan tentang ikan kecil dan hewan air. Walau efek dari memancing dengan bom dan tsunami pada tahun 1992 telah merusak sebagian daerah, tetapi regenerasi terumbu karang yang baik telah membuat berbagai jenis karang lebih banyak tumbuh. Menawarkan air yang sebening kristal, gelembung uap gunung bawah laut, berbagai macam ikan karang, gurita cincin biru, tuna, hiu karang. Cukup membuat anda untuk mengeksplorasi lebih dalam!




Kepulauan Bunaken


Bila Anda melakukan kegiatan menyelam di Pulau Bunaken, Manado. Seperti menyelam di antara Keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang kelas dunia. Saat menyelam di sini, anda dapat melihat 7 kali lebih banyak terumbu karang daripada di Hawaii, 33 spesies butterflyfish dan lebih dari 70% spesies ikan yang berada di Indo-Pasifik Barat. Dari udang kecil, hingga hiu sirip hitam dan pari elang. Di sini, anda dapat benar-benar melihat perbedaan!


Kepulauan Wakatobi

Muncul dari kedalaman Laut Banda. Pulau-pulau utama Wangi, Kaledupa, Tomea, Binongki (Wakatobi) menyajikan sebagian besar dari semua jenis karang dunia. Sebagai taman nasional menjadikannya tempat terumbu karang yang terlindungi. Masyarakat nelayan lokal juga mendapat hasil dari pariwisata menyelam. Sebagai pertukaran untuk meninggalkan pemancingan ilegal yg merusak laut. kontribusi lain untuk memperkuat keberadaan taman laut.

Kepulauan Bangka Belitung

Menawarkan lebih dari 25 titik penyelaman dengan lereng yang dipenuhi terumbu karang, deretan batu karang yang membentuk formasi yang luar biasa. "menakjubkan" dan "mengagumkan" adalah kata-kata yang sering terdengar di kapal setelah penyelaman.

Kepulauan Raja Ampat

Terletak di bagian ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di pulau Raja Ampat, atau Empat Raja. Menurut Buletin Conservation International Rapid Assessment, keragaman hayati laut untuk menyelam di Irian Jaya jauh lebih banyak dari semua daerah lain di dalam segitiga terumbu karang Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Lebih dari 1200 spesies ikan, 600 jenis karang, 699 spesies moluska. Gampangnya, jika anda tidak menikmati menyelam di sini, lebih baik jual saja peralatan menyelam anda!

Pulau Weh ( Sabang )

Pulau Weh (atau We) adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen.[1] Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan. (Wikipedia)



Kepulauan Komodo

Pulau Komodo memberikan pemandangan yang diinginkan setiap penyelam di dunia. Dari terumbu karang yang dipenuhi ratusan ikan berwarna-warni di perairan dangkal yang tenang, hingga arus di laut dalam yang dilewati hiu, tuna, dan ikan besar lainnya. Berbagai biota laut di Pulau Komodo menjadikannya salah satu tujuan scuba diving terbaik di Dunia. Dari hiu paus, sunfish, pari manta, pari elang, kuda laut kerdil, clown frogfish, dan gurita cincin biru. Semua berada di terumbu karang yang berwarna-warni, bagaikan di surga. Pulau ini juga terkenal sebagai habitat kadal komodo, kadal terbesar di dunia yang dapat tumbuh mencapai 2,5 meter dan 125 kg.

Kepulauan Bali

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pulau terindah di dunia ini, ya.. benar pulau bali adalah tujuan wisata menyelam di Indonesia. Yang terbaik dari menyelam di Bali adalah keanekaragaman hayati yang kaya, terumbu karang yang berwarna-warni. Cukup untuk membuat anda ingin datang kembali.

Kepulauan Banda

Kepulauan Banda yang penuh dengan sejarah dan tempat penyelaman yang indah. Pusat perdagangan rempah-rempah dan tempat pengasingan bagi pejuang kemerdekaan pada zaman kolonial. Populasi manusianya yg sedikit, menjadikan perairan banda tetap terjaga dari kerusakan. Hamparan karang yang hidup alami, ribuan ikan yang berenang bebas membuat tempat ini luar biasa. Anda juga harus menikmati sisa-sisa peninggalan sejarah dari zaman kolonial.

Memang banyak sekali tempat menyelam yang tidak kalah bagus dan indahnya dari ini. Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang kelautan. Menyadari akan kekayaan laut di Indonesia. Mari Indonesiaku, kita sama-sama  menjaga dan rawat bersama.

No comments:

Post a Comment